Recent post

    Cara Membuat Tahu Gejrot Sendiri

    Cara Membuat Tahu Gejrot Sendiri - Sungguh kaya Nusantara ini, tidak hanya alam dan budayanya saja yang beraneka ragam yang di miliki, tapi dari segi kulinerpun Indonesia mempunyai jenis olahan masakan yang berbeda di setiap daerahnya. Salah satunya adalah dari olahan yang berbahan dasar tahu, Tahu merupakan makanan baku bagi penduduk Indonesia khususnya masyarakat menengah kebawah. Selain harganya yang sangat terjangkau, Tahu juga sangat gampang dalam proses pengolahannya untuk di jadikan lauk saat makan maupun di jadikan sebagai cemilan.

    Nah yang akan kita bahas kali ini adalah olahan tahu dari salahsatu daerah yang ada di Indonesia yaitu daerah cirebon, Tahu Gejrot. ya tentu saja sudah tidak asing lagi dengan makanan atau jajanan khas kota Cirebon tersebut, karena di kota besar maupun di daerah-daerah di luar kota itu sudah banyak yang menjual dengan cara keliling dengan gerobak atau sudah ada restoran khusus yang menjual jajanan ini. Rasa yang khas dengan sensasi asam, manis dan pedas yang dapat menyegarkan mata setiap penikmatnya, Tidak hanya itu, Harga yang terjangkaupun menjadikannya cukup di gemari oleh semua kalangan. Untuk setiap porsi di penjual gerobak hanya perlu membayar 7000 Rupiah, Dengan harga yang relatif murah sudah dapat bisa menikmati makanan tersebut, dan tentunya akan berbeda harga bila membelinya di rumah makan atau restoran.

    Untuk yang ingin membuatnya sendiri dan kebingungan bahan apa saja yang harus di sediakan. tidak perlu khawatir, karena kami akan memberikan Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Sendiri untuk semua pengunjung blog Aneka Resep ini.

    Cara Membuat Thu Gejrot Sendiri

    Dan berikut bahan dan Proses pembuatannya:

    Bahan-bahan:

    • 10 buah tahu gembos
    • 2 siung bawang putih
    • 2 siung bawang merah
    • 10 buah cabai rawit 
    • Garam secukupnya
    • Minyak goreng secukupnya
    Bahan Kuah:

    • 1/2 gandu gula jawa, sisir halus
    • 40 ml kecap manis
    • 500 ml air
    • asam jawa secukupnya
    Cara Membuat Tahu Gejrot Sendiri:

    1. Siapkan penggorengan, kemudian tuangkan minyak kedalam penggorengan tersebut. lalu panaskan.
    2. Setelah minyak sudah panas masukan tahu, Goreng sampai matang. angkat lalu tiriskan. kemudian gunting tahu sampai menjadi bagian-bagian kecil. 
    3. Siapkan cobek dan masukan bahan seperti cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan garam secukupnya. tumbuk kasar semua bahan tersebut.
    4. Untuk pembuatan kuah, Rebus air sampai mendidih kemudian masukan gula merah, kecap manis, dan asam jawa. aduk-aduk sampai berubah warna kecoklatan.
    5. Setelah itu letakan tahu yang telah di gunting tadi di atas piring saji, kemudian masukan bumbu yang telah di tumbuk kasar di atas tahu, lalu siram dtahu dengan kuah yang telah di bumbui tadi.
    6. Dan Tahu gejrot buatan sendiripun siap di nikmati.
    Cukup mudah dan simpel bukan?? Bisa juga mengurangi atau menambah cabai rawit sesuaikan dengan selera pedas anda. Tahu Gejrot inipun sangat cocok di santap di semua waktu sebagai cemilan nongkrong bersama teman atau keluarga.

    Demikian Resep Cara Membuat Tahu Gejrot Sendiri yang kami suguhkan kali ini, semoga membantu dan bermanfaat bagi setiap pengunjung blog Aneka Resep, dan jangan lupa baca resep sebelumnya Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas yang telah kami sajikan.
    Terimakasih, Selamat Mencoba.
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment