Recent post

    Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas

    Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas - Tutut merupakan sejenis keong kecil yang biasa hidup di air tawar seperti sawah atau rawa dan bisa di temukan di parit sawah, batang padi, dinding-dinding batu, atau bersembunyi di dasar lumpur pesawahan. Keong jenis ini mempunyai nama yang berbeda di setiap daerahnya, Nama tutut sendiri berasal dari bahasa sunda, Dan orang jawa menyebutnya dengan Kraca.

    Pada dasarnya keong atau tutut merupakan hama sawah yang dapat merusak tanaman padi, maka dari itu petani sering menangkap dan mengumpulkannya untuk membasmi pertumbuhan keong-keong tersebut di lahan pesawahannya. dan tidak sedikit dari petani menggunakan obat pembunuh hama sawah. Tapi siapa sangka yang di sebut hama oleh para petani ternyata dapat di olah menyadi suatu menu masakan yang enak. Nah bagi para petani, daripada membasmi dengan cara memakai obat lebih baik menangkapnya untuk di jadikan makanan.

    Tutut di daerah sunda seperti bandung dan sekitarnya sudah di jadikan makanan khas pedesaan dari daerah tersebut, tidak hanya di kosumsi sendiri tapi sudah banyak yang menjadikannya sebagai penghasilan dari pengolahan tutut itu sendiri dengan cara menjualnya. mungkin ada yang mengira bahwa tutut adalah makanan yang menjijikan dan tidak menyehatkan karena habitatnya di lumpur atau air kotor yang mungkin saja terdapat kuman dan cacing terdapat dalam kandungan tutut tersebut. Jangan salah, Keong sawah atau tutut ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, Bisa di manfaatkan juga sebagai salah satu sumber protein hewani yang mumpuni dan masih banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

    Untuk proses pengolahannya tidak terlalu sulit, Hanya perlu merendam, membersihkan cangkang dan memotong bagian belakangnya untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel sebelum dicampurkan dengan bumbu. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak resep Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas di bawah ini:

    Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas

    Bahan Persiapan Tutut:

    • Rendam terlebih dahulu tutut selama satu malam
    • Kemudian bersihkan cangkang dengan cara mengambil segenggam tutut, lalu menggosoknya dengan kedua tangan sampai lumut yang menempel di cangkangnya bersih, lakukan berulang-ulang sampai bersih.
    • Setelah tutut bersih dari lumut atau kotoran, kemudian potong bagian belakang atau bagian ekornya untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalam cangkang dan untuk memudahkan dalam penyantapan.
    • Cuci beberapa kali sampai bersih lalu sisihkan untuk siap di masak.
    Bahan Bumbu Tutut:

    • 4 cm kunyit
    • 3 buah kemiri
    • 4 siung bawang putih
    • 4 buah bawang merah
    • Cabai rawit secukupnya sesuai selera
    • 2 batang daun bawang, bila suka
    • 3 lembar daun salam, cuci bersih
    • 1 batang serai, memarkan bagian bawahnya
    • Laos/lengkuas secukupnya, cuci bersih
    • Garam secukupnya
    • Gula secukupnya
    • Minyak goreng untuk menumis secukupnya
    • Dan air secukupnya
    Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas:
    1. Haluskan bawang putih bersama dengan bawang merah, cabai rawit, kunyit, kemiri.
    2. Siapkan penggorengan, tuang minyak kedalamnya. lalu panaskan.
    3. Setelah minyak sudah panas, masukan bumbu yang telah di haluskan tadi. tumis sampai berbau harum.
    4. Masukan tutut yang sudah di bersihkan kedalam tumisan, aduk rata.
    5. Tambahkan serai, daun salam, dan laos/lengkuas. aduk rata. Kemudian tambahkan air secukupnya, daun bawang bila suka, garam dan gula. Masak sampai benar-benar matang. Cicipi untuk memastikan rasanya sudah pas.
    6. Setelah dirasa sudah pas, Angkat lalu sajikan.
    Untuk menyantapnya yaitu dengan cara menyedot tutut tersebut dengan menghentak agar daging tutut bisa langsung masuk kedalam mulut, tapi hati-hati tutupnya termakan ikut bersama dagingnya. Bagi yang kurang pandai dengan cara sedot menyedot, bisa juga dengan cara mencungkil bagian daging dengan tusuk gigi.

    Demikian resep yang kami sajikan kali ini, Cukup mudah bukan?? Semoga resep Cara Membuat Tutut Bumbu Kuning Pedas bisa bermanfaat untuk setiap pangunjung Aneka Resep ini. Terimakasih.

    Baca Juga: Cara Membuat Ayam Geprek SederhanaCara Membuat Ayam Pencok Bandung
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment