Recent post

    Cara Membuat Es Selendang Mayang yang Menyegarkan Has Betawi

    Cara Membuat Es Selendang Mayang yang Menyegarkan khas Betawi - Es Selendang Mayang marupakan salah satu Minuman Es has Betawi yang Sangat di sukai Anak-Anak, Seiring dengan berjalannya waktu, kini orang dewasa pun Menyukai Minuman Es Selendang Mayang ini Karena Rasa yang manis dan Menyegarkan dan bisa untuk sajian Menu buka Puasa, Karena itu saat ini semua kalangan Menyukainya.

    Es Selendang Mayang, Belum jelas sejarah Nama minuman Tersebut berasal dari mana, yang jelas minuman ini Terbuat dari  puding  dari campuran tepung sagu dan tepung hungkwe yang telah di beri pewarna hijau dan merah, Sehingga menambah daya tarik bagi penikmat kuliner tersebut.


    Akan sangat Enak dan Membanggakan tentunya apabila Anda membuatnya sendiri di Rumah, Karena kali ini saya akan berbagi resep Cara Membuat Es Selendang Mayang yang Segar has Betawi tersebut dengan cara sederhana, singkat dan sangat mudah tentunya. Apakah Anda tertarik membuatnya sendiri?? yuk langsung saja kita simak bahan apa saja yang harus di siapkan:

    Bahan-bahan:
    • 100 gram tepung hunkwe
    • 100 gram tepung sagu
    • 1750 ml air putih
    • pewarna makanan, sediakan warna hijau dan merah secukupnya
    • Garam secukupnya
    • 500 gram gula jawa
    • 6 lembar daun pandan
    • 1 liter santan, yang telah di rebus matang
    • Buah nangka secukupnya, potong sesuai selera
    • 5 sendok makan gula pasir
    • Es batu secukupnya
    Setelah terkumpul semua bahan di atas, selanjutnya simak proses pembuatannya.

    Cara Membuat Es Selendang Mayang yang Menyegarkan khas Betawi:
    1. Proses pembuatan sirup: Siapkan panci yang telah terisi Air 750 ml, kemudian masukan pandan, garam, gula pasir, dan gula jawa. Rebus sampai semua gula dan garam larut dan air mendidih, setelah mendidih angkat dan saring air sirup tersebut kedalam wadah, lalu dinginkan.
    2. Proses pembuatan Selendang Mayang: Campur tepung sagu dan tepung hunkwe, siram dengan Air 1000 ml, kemudian aduk sampai tercampur rata. Setelah semuanya tercampur, kemudian bagi menjadi 3 bagian adonan, adonan pertama biarkan adonan berwarna putih, kemudian berikan warna hijau pada adonan yang ke dua, aduk rata. Dan beri warna merah untuk warna yang ke tiga, aduk rata. kemudian masak masing-masing adonan tersebut hingga matang.
    3. Setelah semua adonan matang, susun dengan cara menuangkan adonan yang pertama warna hijau kedalam cetakan, biarkan beberapa saat sampai agak dingin. untuk warna yang kedua yaitu warna putih, tuang di atas adonan warna hijau di cetakan yang sama, dan tunggu sampai agak dingin. dan untuk susunan yang terakhir adonan warna merah di tuang di atas adonan warna putih. setelah tersusun semua warna tersebut, biarkan beberapa saat sampai adonan Benar-benar menyatu dan dingin.
    4. Langkah yang terakhir adalah memotong adonan Selendang Mayang yang telah di susun tadi, menjadi potongan seperti dadu. Kemudian letakan semua potongan dalam gelas, kemudian tambahkan sirup gula yang anda buat tadi, Dan batu Es. Dan Es Selendang Mayang yang Menyegarkan has Betawi Siap di sajikan sebagai Hidangan berbuka puasa Keluarga anda.
    Sebagai tambahan Anda juga bisa Menambahkan Susu sesuai selera manis Anda.
    Dan Demikian Cara Membuat Es Selendang Mayang yang Menyegarkan khas Betawi yang kami sajikan untuk Anda, Semoga membantu dan Bermanfaat.

    tunggu Resep-resep berikutnya dari kami. Terimakasih, Selamat Mencoba.
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment