Recent post

    Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Super Enak

    Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang - Ayam bakar taliwang merupakan sajian khas Desa karang taliwang, Daerah Cakranegara_Lombok tepatnya. Dengan perpaduan dua jenis sambal khas yang berbeda membuat sajian masakan ini banyak disukai tidak hanya oleh masyarakat lombok itu sendiri, Bahkan sampai seluruh Nusantara sudah mengetahui dan menyukai sajian masakan ini.

    Untuk membuat Ayam Bakar Taliwang ini, Orang lombok biasanya menggunakan ayam kampung yang masih muda yang telah di potong, dan membelahnya menjadi dua bagian. Yang menjadi keunikan disini adalah dari lipatan sayap ayam yang di lipatkan ke belakang dan menjadi ciri khas dari Resep Ayam taliwang itu sendiri.


    Tidak hanya di Lombok untuk menemukan jenis masakan yang satu ini, karena saat ini sudah banyak Rumah makan khusus yang menyediakan menu masakan ini yang tersebar di seluruh Nusantara. Nah untuk yang ingin mencoba membuat sendiri, kali ini kami akan berbagi Resep Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Super Enak yang khusus kami suguhkan untuk Bunda yang hobi memasak.
    Yuk langsung intip saja bagaimana resep dan proses pembuatannya di bawah ini:

    Resep Membuat Ayam Bakar Taliwang

    Bahan-bahan:

    • 700 gram atau 1 ekor ayam ukuran sedang
    • 1 1/2 sendok teh air perasan jeruk limau
    • 1 sendok teh garam
    • 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa
    • 1 sendok teh gula merah yang telah di sisir
    • 3 sendok makan minyak goreng, untuk menumis
    Bumbu halus:

    • 10 butir bawang merah
    • 7 siung bawang putih
    • 2 buah cabai merah besar yang telah di panggang atau di bakar
    • 7 buah cabai merah keriting yang telah di panggang atau di bakar
    • 1 1/2 sendok teh terasi kualitas bagus yang di sangrai
    • Kemudian haluskan semua bumbu di atas
    • Garam secukupnya
    Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang :
    1. Cuci bersih ayam, kemudian belah dua pada bagian dada jangan sampai putus, lalu tekan dan renggangkan. Lumuri ayam dengan perasan jeruk limau dan garam, Diamkan beberapa saat kurang lebih selama 20 menit agar bumbu meresap.
    2. Setelah cukup waktu, panggang ayam di atas bara api yang sedang sambil di bolak-balik agar tidak gosong. Bakar ayam jangan terlalu matang, lalau sisihkan.
    3. Siapkan penggorengan di atas kompor, tuangkan minyak goreng kedalam penggorengan tersebut, lalu panaskan.
    4. Setelah minyak sudah panas, masukan bumbu yang telah di haluskan di atas kedalam minyak. Tumis sampai bumbu berbau harum. Lalu masukan santan dan gula merah, aduk rata dan masak sampai mendidih.
    5. Setelah bumbu sudah mendidih, Kecilkan kompor Kemudian masukan Ayam kedalamnya. Masak dengan api yang sedang sampai bumbu benar-benar meresap kedalam daging.
    6. Setelah dirasa bumbu sudah meresap, Angkat lalu panggang kembali ayam tersebut. sambil di bolak-balik sesekali olesi dengan sisa bumbu sampai keluar berbau harum.
    7. Angkat lalu sajikan dengan nasi hangat.
    Demikian Bahan Dan Cara Membuat Ayam Bakar Taliwang Super Enak yang bisa Bunda coba sendiri di rumah untuk sajian keluarga, Cukup mudah bukan?? Bunda juga bisa menambah atau mengurangi Cabai sesuai selera pedas keluarga. Untuk resep ayam lainnya bisa baca Resep Ayam di blog ini. Selamat Mencoba. Dan Terimakasih Sudah mau Mampir di blog Aneka Resep, Semoga setiap Resep yang Kami sajikan bermanfaat.
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment