Recent post

    Cara Membuat Cireng Banyur atau Cireng kuah Pedas

    Cireng Banyur atau Cireng kuah Merupakan jenis jajanan yang lagi ngehits pada saat ini. Dengan sensasi pedas dan rasa asam yang di timbulkan dari perasan jeruk nipis, Jajanan ini sangat di gemari oleh kalangan remaja maupun dewasa, dan menjadikan jajanan ini menjadi teman berkumpul bersama teman atau keluarga.

    Dengan permintaan konsumen yang lumayan Besar, Banyak penjual yang merasakan keuntungan dari menjual jajanan ini. dan cara penjualannya pun bervariatif, Dari cara di jual langsung sampai ada juga yang di jual online loh. Nah, Bagi anda yang bosan dengan Cireng yang biasa, Anda bisa mencoba Cireng Banyur atau Cireng kuah ini.

    Sumber foto: Ivit Sargovit

    Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencobanya?? Meskipun banyak yang Menjualnya, tapi tidak ada salahnya apabila membuat sendiri di rumah. Karena cara pembuatannya gampang dan simple banget, Anda pasti bisa untuk membuatnya dan cukup murah biaya yang harus anda keluarkan.

    Baca Juga: Cara Membuat Tahu Jegur

    Langsung aja yuk, Mari kita simak bahan dan proses pembuatannya seperti apa di bawah ini.

    Resep Cara Membuat Cireng Banyur atau Cireng kuah Pedas

    Bahan-bahan:

    • 1/2 kg tepung tapioka (aci)
    • 4 sendok makan tepung terigu
    • 400 ml Air panas, Sesuaikan ketika adonan di uleni
    • 5 siung bawang putih
    • 2 siung bawang merah
    • Jeruk nipis
    • Bawang daun
    • Seledri
    • Garam secukupnya
    • Penyedap rasa/royco secukupnya
    • 2 sendok makan gula pasir
    • 3 buah cabai merah, jumlah sesuai selera pedas anda
    •  5-10 cabai rawit, atau sesuai selera
    • Lada bubuk/boncabe
    • Minyak goreng secukupnya, Untuk menumis bumbu

    Proses Pembuatan:

    1. Siapkan wadah, Kemudian masukan tepung tapioka atau aci dan tepung terigu kedalam wadah yang agak besar agar mudah diuleni.
    2. Dan siapkan bumbu untuk cireng dengan cara menumbuk 3 siung bawang putih dan garam, kemudian masukan dan campurkan bumbu tersebut kedalam adonan. agar bumbu tidak menggumpal berikan air hangat agar tercampur dengan adonan, kemudian diuleni dengan cara sambil memberi air hangat sedikit-sedikit sampai adonan terasa empuk. Anda juga bisa menambahkan irisan bawang daun kedalam adonan.
    3. Setelah itu, Bentuk adonan berbeda dengan cireng yang biasanya atau sesuai selera. sebagai saran lebih baik adonan di bentuk agak kecil, agar mudah dalam penyajian. kemudian goreng adonan tersebut sampai adonan habis.
    4. Sambil menunggu aci yang di goreng matang, kita siapkan untuk bahan kuah. Siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah , cabai rawit, dan garam, tumbuk sampai halus. 
    5. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak goreng, kemudian masukan bumbu yang telah di haluskan tadi dan tumis sampai tercium berbau harum, lalu tambahkan air. Berikan bumbu penyedap rasa, lada bubuk/boncabe, dan gula pasir. Setelah dinilai rasanya pas, lalu masukan irisan daun bawang dan seledri.
    6. Sajikan Cireng yang sudah di goreng tadi kedalam wadah, lalu tuangkan kuah kedalam wadah yang berisi cireng tersebut, dan tambahkan perasan air jeruk nipis sesuai selera.
    7. Dan Cireng Banyur atau Cireng kuah pun Siap di nikmati bersama keluarga.
    Mudah dan simple bukan?? Nikmati selagi hangat untuk mendapatkan sensasi asam pedasnya. Anda juga bisa menyesuaikan bumbu apabila ingin membuatnya dengan porsi lebih banyak.
    Demikian Resep yang kali ini kami sajikan, Baca resep lainnya di Aneka Resep Dan baca juga Resep Sebelumnya Car Membuat Teh Telur atau Teh Talua khas PadangResep Mie  yang bisa Anda coba.

    Terimakasih, Selamat Mencoba.

    Baca juga:Resep MinumanResep Cilok Kuah EndolitaCara Membuat Siomay Bandung Sederhana Enak.
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment