Recent post

    Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas

    Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas - Kerupuk identik dengan sensasi kriuk dan sebagai makanan pelengkap saat makan maupun di jadikan sebagai cemilan, ada berbagai jenis kerupuk di indonesia, dari yang tradisional sampai jenis kerupuk yang di bikin kekinian atau moderen karena perkembangan jaman dan untuk menarik minat penikmatnya.

    Dari segi harga, kerupuk terbilang makanan atau cemilan yang harganya relatif murah. Sebagian penikmatnya hanya dari kalangan menengah ke bawah, meskipun begitu tak sedikit pula dari kalangan atas yang menggemari makanan atau cemilan ini. untuk segi rasa ada beraneka rasa, di mulai dari yang manis, gurih, sampai gurih pedas.

    Nah untuk para pecinta kerupuk, tidak ada salahnya bila ingin mencoba membuat sendiri dengan memanfaatkan bahan dari nasi sisa yang tak termakan. Untuk prosesnya pun tidak lah sulit, dan dari segi rasa tidak kalah enaknya dari kerupuk jenis lain dan di jamin ketagihan. Yuk simak prosesnya di bawah ini.


    Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas

    Bahan-bahan:

    • 1 mangkuk nasi sisa semalam
    • 1 mangkuk tepung tapioka, jika kurang bisa di tambah
    • 1 sendok teh ketumbar
    • 5 siung bawang putih
    • 2 batang daun bawang, iris halus atau di cincang
    • Garam secukupnya
    • Kaldu bubuk secukupnya (optional)
    • Cabai bubuk secukupnya (optional)
    • Air bersih secukupnya


    Proses pembuatan:
    1. Rendam nasi dengan air secukupnya selama 1 atau sampai 2 jam, angkat lalu tiriskan.
    2. Masukan nasi yang telah di rendam kedalam belender bersamaan dengan bawang putih, ketumbar dan air. Nyalakan belender sampai semua bahan halus.
    3. Kemudian campur bahan hasil blenderan tadi dengan tepung tapioka, garam, kaldu bubuk, cabai bubuk dan irisan bawang daun. Uleni dengan menggunakan spatula kayu agar tidak lengket di tangan sampai mendekati kalis, setelah itu uleni dengan menggunakan tangan sampai kalis.
    4. Langkah selanjutnya adalah bentuk adonan lonjong menyerupai mpek-mpek lenjer, lalu rebus adonan tersebut dengan air mendidih sampai mengapung. Angkat lalu tiriskan dan biarkan sampai dingin.
    5. Setelah dingin iris tipis-tipis adonan tersebut, kemudian jemur sampai kering.
    6. Goreng adonan yang sudah benar-benar kering dengan minyak goreng baru di atas api yang sedang sampai matang, angkat lalu tiriskan.
    Dan Kerupuk Nasi Pedas pun siap d hidangkan dan di santap sebagai teman makan atau sebagai teman ngumpul bersama keluarga. Dan manfaatkan bahan yang ada, daripada di buang lebih baik di bikin olahan yang dapat di nikmati agar tidak mubazir.

    Dan demikianlah bagaimana resep Cara Membuat Kerupuk Nasi Pedas yang bisa di coba sendiri di rumah, dan baca juga resep sebelumnya Cara Membuat Ayam Suwir Pedas, dan Cara Membuat Puding Jagung Manis. Semoga Bermanfaat, Terimakasih, Selamat Mencoba.
    Previous
    Next Post »

    1 komentar:

    Click here for komentar
    Unknown
    admin
    November 14, 2017 at 7:37 PM ×

    Thanks gan, sudah share resp krupuk nasinya.. sepertinya sangat mudah
    baca juga :

    Grosir tas wanita pertama di lampung



    Grosir tas wanita terbaru



    gudang tas branded

    Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
    Reply
    avatar
    Thanks for your comment