Recent post

    Cara Membuat Mango Sticky Rice

    Cara Membuat Mango Sticky Rice - Mango Sticky Rice atau khao niao mamuang merupakan makanan yang berasal dari negara Thailand yang biasa di sajikan sebagai hidangan penutup masyarakat negara tersebut, dessert ini terbuat dari nasi ketan gurih yang di siram dengan saus santan kental dan di tambah dengan irisan mangga matang yang manis. Hmm bagaimana ya rasanya??

    Memang akan sedikit aneh bagi orang Indonesia melihat perpaduan makanan ini, tapi jangan salah di Indonesia sendiri sudah ada banyak restoran yang menyediakan khusus kudapan tersebut, Contoh saja di Jakarta dan Bandung. Di dua daerah tersebut makanan ini menjadi jajanan kekinian yang lagi hits, dan rasanya pun tidak kalah enak dari tempat asalnya dan menjadi primadona jajanan di Indonesia bagi peminatnya.

    Untuk proses pembuatannya ternyata tidak terlalu sulit, hanya saja terkendala dari buah mangga untuk salah satu bahan dari resep membuat Mango Sticky Rice ini. Karena kita ketahui buah mangga adalah jenis buah musiman yang tidak berbuah sepanjang tahun, dan akan sedikit repot untuk mencarinya harus pergi ke supermarket. Yang paling cocok untuk bahan mangga adalah jenis mangga "Harum Manis" yang telah matang. Nah untuk yang penasaran ingin mencoba membuat sendiri mari simak step demi step di bawah ini.

    Mango Sticky Rice

    Cara Membuat Mango Sticky Rice
    Bahan-bahan:

    • 1 1/2 cangkir ketan putih
    • 1 cangkir gula pasir
    • 1/2 sendok teh garam
    • 1 1/2 cangkir santan
    • 2 cangkir air
    • 3 buah mangga harum manis matang, iris sesuai selera
    • 1 sendok makan wijen sangrai

    Bahan saus:

    • 1/2 cangkir santan
    • 1 sendok makan tepung tapioka
    • 1/4 sendok teh garam
    • 1 sendok makan gula pasir


    Proses pembuatan:

    1. Bersihkan terlebih dahulu ketan. kemudian siapkan panci yang sudah terisi air di atas kompor, masukan ketan yang sudah di bersihkan. Masak sampai mendidih.
    2. Setelah mendidih, tutup panci dan kecilkan api sampai air nya mengering atau meresap dan matang selama 15 atau 20 menit.
    3. Sementara sambil menunggu ketan matang, isi waktu tersebut dengan mendidihkan 1 1/2 cangkir santan yang kemudian mencampurnya dengan 1 cangkir gula pasir dan garam dengan api sedang.
    4. Setelah santan mendidih, angkat lalu tuang atau campur dengan ketan yang sudah matang, aduk hingga rata. Lalu kemudian tutup dan diamkan sampai kurang lebih 1 jam.
    5. Nah untuk pembuatan saus hanya perlu mencampur semua bahan saus yang lalu kemudian memasaknya sampai mendidih.
    6. Tahap akhir yaitu tahap penyajian: sajikan ketan dengan irisan mangga yang telah di tata, kemudian siram dengan saus santan dan taburkan wijen yang telah di sangrai di atasnya.
    Dan sekarang anda bisa menikmati makanan yang lagi hits dan bisa merasakan makanan dari negara gajah putih ini. Meskipun rasanya tak sama, tapi paling tidak mendekati rasa aslinya. Dan anda juga bisa menggunakan ketan hitam sebagai pengganti bila ketan putih tidak ada.

    Bagaimana, cukup mudah bukan?? Dan demikian resep Cara Membuat Mango Sticky Rice yang kali ini di sajikan, semoga bermanfaat dan sesuai dengan selera. Dan jangan lupa di share ya supaya yang lain bisa mencoba, Terimakasih.

    Baca juga resep lainnya hanya di Aneka Resep
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment