Recent post

    Cara Membuat Tahu Walik Krispy

    Cara Membuat Tahu Walik Krispy - Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di pulau jawa yang terkenal dengan beragam destinasi wisata yang memukau, tidak hanya itu Banyuwangi juga memiliki makanan-makanan khas yang berasal dari penduduk setempat dan di jadikan sebagai jajanan di tempat-tempat wisata yang ada di daerah tersebut dan menjadi daya tarik para wisatawan yang berkunjung, salah satunya adalah jajanan makanan Tahu walik.

    Tahu Walik sesuai dengan namanya "Walik" yang berarti di balik dengan cara membalikan bagian dalam tahu menjadi bagian luar dan mengisi bagian dalam dengan ikan tenggiri yang di giling, dan bisa juga mengisinya dengan daging ayam giling yang kemudian di campur dengan tepung sehingga menyerupai adonan bakso lalu di goreng dan di santap dengan cocolan sambal atau dengan cabai rawit. Biasanya jajanan ini banyak di jumpai di kawasan wisata pantai yang ada di daerah tersebut.

    Kalau melihat dari segi harga, Tahu walik merupakan jajanan yang relatif murah. Para pedagang hanya membandrol makanan ini dengan harga seribu rupiah saja, dan rasa yang di tawarkanpun cukup enak karena anda akan merasakan sensasi kriuk di luar dan kenyal di dalam, apalagi di tambah dengan cocolan sambal petis pasti bikin ketagihan. Nah untuk yang belum sempat berkunjung ke daerah Banyuwangi atau yang ingin menikmati cemilan ini tanpa harus pergi ke sana, tidak ada salahnya bila membuat sendiri di rumah. Yuk intip resep nya di bawah ini, dan bahan isi yang akan di gunakan adalah dari daging ayam.


    Cara Membuat Tahu Walik Krispy

    Bahan-bahan:
    • 25 buah tahu kulit atau tahu goreng ukuran sedang
    • 150 gram daging ayam tanpa kulit
    • 150 gram tepung tapioka
    • 5 batang daun bawang, iris tipis
    • Kaldu bubuk secukupnya
    • 1 sendok makan bawang merah goreng
    • 1 sendok makan bawang putih goreng
    • Garam secukupnya
    • Air
    • Es batu secukupnya

    Proses pembuatan:
    1. Langkah pertama adalah belah tahu menjadi dua dengan cara miring sehingga tahu menjadi segi tiga, kemudian balikan bagian dalam tahu menjadi bagian luar, sisihkan.
    2. Kemudian blender daging ayam tanpa kulit yang sudah di bersihkan bersamaan dengan es batu, bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan air secukupnya. Haluskan.
    3. Campurkan bahan yang telah di blender di dalam wadah dengan irisan daun bawang, garam secukupnya, tepung tapioka, dan kaldu bubuk. Aduk rata, bikin adonan seperti adonan bakso jangan terlalu lembek.
    4. Masukan adonan kedalam tahu, terus menerus sampai tahu habis.
    5. Selanjutnya panaskan minyak yang banyak, setelah panas goreng tahu yang sudah berisi adonan dengan api sedang, agar tahu matang sempurna. Angkat lalu sisihkan.
    6. Dan Tahu Walik Crispy buatan sendiripun sudah siap di santap.
    Sajikan selagi hangat, santap bersama cocolan sambal petis, saus botol, ataupun hanya dengan cabai rawit, agar menambah sensasi nikmat yang lebih berasa.

    Dan itulah resep Cara Membuat Tahu Walik Crispy yang di sajikan kali ini, baca juga resep sebelumnya yang lagi hits dan kekinian Cara Membuat King Mango Thailand hanya di Aneka Resep. Semoga apa yang di sajikan bermanfaat, terimakasih.
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment